cover
Contact Name
NUR KHOIRI
Contact Email
pgrikotasemarang@gmail.com
Phone
+6285226004100
Journal Mail Official
sufwandurri@upgris.ac.id
Editorial Address
Jl. Sendangguwo Baru III No. 36, Keluarahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
ISSN : 27749363     EISSN : 27749746     DOI : 10.51874
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah merupakan jurnal ilmiah inovasi dari multidisiplin ilmu yang diteliti di sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang dengan ISSN 2774-9363 (Cetak) dan ISSN 2774-9746 (Online). Terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan Desember dan Mei. FOCUS AND SCOPE Jurnal ini menerima segala artikel dari berbagai bidang studi yang ada di sekolah
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah" : 23 Documents clear
Profil Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pilihan Ganda Kompetisi Sain Madrasah (KSM) di MAN 2 Kota Semarang Fauzan Fauzan; Fenny Roshayanti; Nur Khoiri
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.66

Abstract

Abstact This study aims to describe the profile of students' ability to solve physics olympiad questions at MA Negeri 2 Kota Semarang. The research subjects with this qualitative approach were 30 students representing 6 classes of the science program from the physics olympiad competition. The results of this study found 3 profiles of abilities possessed by students participating in physics olympiad in answering questions, namely students were said to have high, medium and low abilities
Validitas Perangkat Pembelajaran Konsep Fluida Berbasis Science Technology Engineering Art Mathematic (STEAM) Berorientasi Education For Sustainable Development (ESD) Rezki Widarti; Nur Khoiri; Fenny Roshayanti
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.67

Abstract

The purpose of this research is to obtain learning sets that can be integrated with ESD-oriented STEAM on valid fluid material. The type of research is research and development using the Borg and Gall model which is simplified into three steps consisting of introduction, development, and testing. Data collection techniques by providing questionnaire validation experts and educational practitioners, and documentation. The data analysis technique consists of two techniques, the first technique is quantitative in the form of presentation validation results of learning devices, and the second technique is qualitative which comes from the validator's suggestions and comments. The results showed that the ESD-oriented STEAM-based learning sets had very valid results. Expert validation results for syllabus 93%, lesson plans 81%, e-module 88% and worksheet 78%. The results of the validation of educational practitioners for the syllabus have a percentage of 92%, lesson plans 94% for E-modules 91% and worksheets 91%
Pengaruh Media Audiovisual Youtube terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang Ulfiana Ulfiana; Agus Wismanto; Saroh Saroh
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.73

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh data dan mengetahui apakah media audiovisual Youtube berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik menulis khususnya teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan model Pra-Experimental Design dengan One Group Pretest Posttest Design. Populasinya yaitu 32 peserta didik kelas VIII F dengan pengumpulan data berupa tes. SPSS 16 digunakan untuk menganalisis data untuk mencari mean, uji normalitas variabel, serta menguji paired sample t-test. Nilai mean pretest yaitu 63,12, serta mean posttest 86,25. Hasil normalitas uji Saphiro-Wilk, menunjukkan nilai pretest bersignifikansi 0,047 > 0,05, sedangkan nilai posttest bersignifikansi 0,003 > 0,05. Disimpulkan bahwa distribusi penelitian adalah normal. Berdasarkan hasil paired sample test, signifikansi ₂tailed < 0,05 dengan perolehan 0,000 < 0,05, dengan thitung > ttabel (13,108 > 2,039), maka menunjukkan bahwa Hipotesis awal di tolak dan Hipotesis akhir diterima. Dapat disimpulkan penggunaan media audiovisual Youtube berpengaruh pada keterampilan menulis eksplanasi peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 37 Semarang.
Kepraktisan dan Efektivitas Pembelajaran Konsep Dinamika Rotasi Berorientasi Education for Suistainable Development (ESD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Qo'im Rohmawati; Joko Siswanto; Fenny Roshayanti
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.75

Abstract

Pembelajaran materi konsep Dinamika Rotasi diberikan pada peserta didik kelas XI MIPA Semester 1 umumnya diberikan secara konvensional dampaknya menimbulkan rasa bosan kepada peserta didik, sehingga keingintahuan peserta didik sulit dirangsang. Telah dilakukan penelitian Efektiviitas Pembelajaran Konsep Dinamika Rotasi Berorientasi Education for Suistainable Development (ESD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran Fisika dengan berorientasi ESD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D), yang disederhanakan menjadi tiga Langkah meliputi pendahuluan, pengembangan, dan implementasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan praktis dan efektif perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdapat kebaruan yaitu masuknya unsur pembangunan berkelanjutan (suistainability) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hasil angket respon peserta didik reratanya adalah 92,34% dengan kategori sangat baik dan rekapitulasi skor N-Gain pada kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keterampilan berpikir kreatif berkategori sedang dengan skor rerata 0,46. Berdasarkan hasil tersebut maka pembelajaran konsep dinamika rotasi berorientasi ESD untu melatihkan keterampilan berpikir kreatif praktis dan efektif digunakan, sehingga layak digunakan di lapangan karena dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik.
Potensi Penerapan STEAM Dalam Pembelajaran Konsep Kalor dan Perpindahannya Pada Siswa MTs Kabupaten Demak Juwahir Juwahir; Nur Khoiri; Fenny Rosyayanti; Muhammad Syaipul Hayat
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa potensi penerapan STEAM dalam Pembelajaran Konsep Kalor dan Perpindahannya di MTs Nurul Ulum Mranggen Demak Kelas 7 semester gasal 30 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tenik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket tentang potensi penerapan STEAM  dalam pembelajaran Konsep Kalor dan Perpindahannya. Hasil penelitian ini yakni potensi penerapan  STEAM  dalam pembelajaran  Kalor dan perpindahannya sangat  besar  untuk  dilaksanakan  agar  pembelajaran pencemaran lingkungan dapat terlaksana dengan baik dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Profil Penggunaan Web dalam Pembelajaran IPA di SMP Se-Kabupaten Grobogan Supriyono Supriyono; Fenny Roshayanti; Nur Khoiri
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.78

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penggunaan web atau blog dalam pembelajaran IPA di SMP se-Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel random cluster sampling. Sampel sebanyak 75 guru dari 236 guru IPA yang tersebar di 19 kecamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara tentang penggunaan web dalam pembelajaran IPA. Diperoleh data 89,3 % laboratorium komputer terkoneksi dengan internet. Dari 72,00 % SMP memiliki web hanya 8,0% digunakan pembelajaran IPA dan dari 28,0 % guru IPA yang memiliki blog hanya 8,0% digunakan pembelajaran IPA. Seluruh guru saat di rumah memiliki akses internet 100% terdiri atas 65% menggunakan wifi dan 35% menggunakan paket data. Dari data dapat disimpulkan bahwa penggunaan web dalam pembelajaran IPA di SMP se-kabupaten Grobogan masih rendah jika dibandingkan dengan fasilitas internet yang dimiliki sekolah dan guru. Disarankan agar guru IPA SMP se-Kabupaten Grobogan melakukan pengembangan diri berkaitan pemanfaatan web.
Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK Muntamah Muntamah; Fenny Roshayanti; Muhammad Syaipul Hayat
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK. Penelitian ini dilakukan dengan metode diskriptif kulitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi teknik pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru-guru pengampu mata pelajaran Projek IPAS SMK di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Projek IPAS (Ilmu pengetahuan Alam dan Sosial) memiliki pemahaman pendekatan STEAM yang berpotensi untuk mendukung penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran Projek IPAS di SMK sebesar 76,85%. Kebiasaan guru dalam pembelajaran juga sudah mengintegrasikan indikator-indikator pendekatan STEAM sebesar 86,39%, sehingga guru sudah memiliki ketrampilan untuk menerapkan pendekatan STEAM pada pembelajaran Projek IPAS. Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan STEAM sebesar 49,31% sehingga tidak berpotensi menjadi penghambat penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran Projek IPAS di SMK, dari ketiga hal tersebut disimpulkan bahwa terdapat potensi penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) di SMK.
Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Program BDR (Belajar Dari Rumah) Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SD Negeri 5 Getas Sugiyartini Sugiyartini
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.80

Abstract

The background of this research is the teacher's ability to implement the BDR (Learn From Home) program at SD Negeri 5 Getas which is still not as expected. Researchers applied academic supervision to teachers to improve their teaching skills in the BDR (Learn From Home) program during the Covid-19 pandemic. Academic supervision has the definition of a series of activities aimed at helping teachers develop the ability to manage learning. Through academic supervision activities, it is hoped that teachers can improve their teaching abilities and competencies. The aims of this study were to: 1) Describe the process of improving teachers' abilities in implementing the BDR (Learn From Home) program through the academic supervision of the Principal at SD Negeri 5 Getas, 2). Describes the increase in the ability of teachers to implement the BDR (Learn From Home) program through the academic supervision of the Principal at SD Negeri 5 Getas. The results showed that the process of increasing teachers' abilities in implementing the BDR (Learn From Home) program through the academic supervision of the Principal at SD Negeri 5 Getas, Singorojo District, Kendal Regency, semester 2 of the 2020/2021 school year was in the form of direction, guidance, and motivation to teachers in implementing online learning in accordance with routine and scheduled procedures. In addition, researchers provide input, feedback, and improvements to deficiencies that still occur. Increasing the ability of teachers to implement the BDR (Learn From Home) program through the academic supervision of the Principal at SD Negeri 5 Getas, Singorojo District, Kendal Regency, semester 2 of the 2020/2021 academic year reached 100% with a minimum score of 76-85 (Good). Based on the research results, it can be concluded that coaching through academic supervision can improve teachers' abilities in implementing the BDR (Learn From Home) program, teachers become more competent in planning and online learning processes. It is proven that in each cycle, the teacher's ability has increased significantly. The average value of the teacher's ability before the implementation of the first cycle of actions was 61.46, after the implementation of the first cycle of actions reached 75.00, then after the implementation of the second cycle of actions increased to 82.29.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Melalui Program Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kegiatan In House Training (IHT) di SD Negeri Pedurungan Tengah 01 Kota Semarang Rachmat Karno Utomo
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.81

Abstract

This best practice activity is an activity that aims to increase teacher understanding in the Implementation of the Independent Curriculum (IKM). The main task of the teacher at school is to carry out the learning process in the classroom in accordance with the curriculum, in order to achieve these learning objectives optimally and with direction, teacher competency is needed in understanding a good learning curriculum and in accordance with the student learning environment. So that the learning tools they use become a teacher's need to develop a more meaningful learning process for students. The best practice results for this activity show that In House Training (IHT) can increase teachers' understanding of the Implementation of the Independent Curriculum (IKM) by implementing and developing learning tools that are in accordance with the real conditions in their respective classes.
Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dalam Menulis Laporan PTK melalui IHT (In House Training) di SD Negeri Gedawang 01 Semarang Lailiyati Lailiyati
Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Publisher : Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51874/jips.v4i1.82

Abstract

In the initial observation at SDN Gedawang 01 Semarang, out of 8 new class teachers 25% or 2 teachers who had already prepared PTK reports to propose for promotion. While others still do not understand how to properly and correctly prepare class action research reports. To overcome this, researchers as school principals try to facilitate teachers to write PTK reports through IHT (In House Training) by carrying out school action research. From the results of IHT (In House Training) activities it can improve teacher performance results in Classroom Action Research writing activities as evidenced by an increase in teacher performance results per cycle, where in the initial cycle the teacher performance results were "Fully Fulfilled" by 12.5%, becoming by 87.5%, there is an increase of 75%.

Page 1 of 3 | Total Record : 23